Ini Kiprah Rapala, Relawan Binaan Bakamla Pengawasan Laut Natuna Utara

199

NATUNATERKINI.COM- Kelompok Masyarakat yang tergabung dari Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) Natuna bentukan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI siap membantu polisi dalam memberikan informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Natuna Prov Kepri.

Kesiapan tersebut disampaikan oleh anggota Rapala Natuna, usai pembekalan terkait bahaya narkotika oleh IPTU Ahmad Dahlan, Kasat Narkoba Polres Natuna, di Ranai, Rabu (17 /3/ 2021).

Kasat Narkoba Polres Natuna juga memberikan semangat kepada seluruh anggota Rapala Natuna, untuk tidak takut untuk melaporkan peredaran Narkoba di Natuna.

“Mari Kita sama sama membantu Polisi berantas penyebaran Narkoba,” ujar Iptu Ahmad Dahlan, sambil memberikan nomor kontak telpon kepada seluruh Relawan Rapala yang hadir.

Iptu Ahmad Ramlan Polres Natuna

Iptu Ahmad Ramlan juga mengatakan sepanjang tahun 2020-2021 setidaknya ada berapa kasus Narkoba saat ini dalam proses pengembangan oleh pihak Polres Natuna.

“Saya ingatkan sekalian perlu di ketahui bila narkoba ini sangat berbahaya bagi kesehatan, jangan sekali kali mencoba barang haram ini, karena sekali mencoba akan susah untuk berhenti. Kalau sudah ketagihan bukan saja kesehatan yang terganggu tapi masa depan juga bisa hancur karena narkoba,” terangnya.

Di Tambahkan bahwa kegiatan penyuluhan tentang bahaya narkoba ini akan terus di lakukan bukan hanya Rapala tapi kepada semua kalangan dan pelajar, guna mencegah penyalahgunaan peredaran narkoba terutama di Kabupaten Natuna.

Berdasarkan peraturan badan keamanan laut republik Indonesia nomor 2 tahun 2020 tentang Relawan Penjaga laut Nusantara, Tugas Rapala membantu tugas dan fungsi Bakamla seperti membantu mengumpulkan, mengidentifikasi dan melaporkan data maupun Informasi terkait keamanan, keselamatan. Kemudian, membantu dalam memberi dukungan terkait operasi pencarian dan pertolongan di Laut.

Kasi Potkamla Mayor Riandi Yudha Gunawan mempertegas, tugas Rapala Bakamla RI ini adalah membantu pelaksanaan penjagaan, pengawasan, dan pencegahan pelanggaran hukum di wilayah perairan Natuna di bawah koordinasi Bakamla RI.

Selain itu dijelaskan, relawan yang sudah dibentuk juga membantu tugas Bakamla RI dalam hal menjaga keamanan dan keselamatan di laut dengan cara pertolongan terbatas pada kecelakaan laut dan memberi informasi.

“Dan tugas Rapala yang paling penting adalah menjaga nama baik Bakamla RI, menjadi inspirator dalam keamanan dan keselamatan serta membantu percepatan pencegahan penyebaran Covid-19 di masyarakat pesisir,” sebut Kasi Potkamla Mayor Riandi Yudha Gunawan disela sela memberikan materi Aplikasi keamanan Maritim di Natuna.

Pembinaan para kader dan anggota Rapala Natuna yang akan berlangsung selama tiga hari, Rabu sampai Jumat, Tanggal 17-19.

Selain mendapatkan ilmu terkait bahaya narkoba, relawan Rapala juga mendapat pembinaan terkait ilmu maritim dari pemateri Bakamla RI, Bela Negara dari Lanal Ranai serta latihan penyelamatan di laut oleh Basarnas dan Latihan pemadam kebakaran oleh Damkar Natuna. (Slm)

BAGIKAN