Uang Gopek Gambar Orang Utan Nongkrong Unik Buruan Kolektor, BI: Buat Koleksi Tak Apa

126
LIMA RATUS RUPIAH

NATUNATERKINI.COM – Bank Indonesia (BI), memberikan penjelasan soal uang rupiah kertas Rp500 berwarna hijau bergambar Orang Utan dijual jutaan.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan uang tersebut dijual mahal dikarenakan uang itu sudah lama. Jadi banyak diincar kolektor pecinta mata uang lama.

Sebagai informasi, uang gope bergambar Orang Utan dan rumah adat di kedua sisinya dijual di toko online. Harganya pun sangat fantasis karena dijual hingga puluhan juta Rupiah.

Pasalnya, ada toko online yang menjual uang kuno bergambar monyet ini dengan harga mahal yaitu Rp3.720.000 per lembar. Kemudian ada juga yang menjual dengan harga Rp5 juta untuk satu gepok berisi Rp100 lembar.

“Kalau buat koleksi kan engga apa-apa ya,” ujar Direktur Eksekutif Komunikasi BI Erwin Haryono, Kamis lalu.

Namun jika uang itu dijadikan alat pembayaran itu yang salah. Dikarenakan uang tersebut sudah tidak berlaku masa emisinya.

“Dilihat sebagai barang yang diperdagangkan bukan sebagai alat pembayaran,” tandasnya.

Saat ini, Bank Indonesia (BI) mencatat ada 4 uang rupiah kertas yang tak berlaku lagi. Empat uang rupiah itu adalah Rp10.000 tahun emisi 1979, pecahan Rp5.000 tahun emisi 1980, pecahan Rp 1.000 tahun emisi 1980 dan pecahan Rp 500 tahun emisi 1982.

BI sudah mencabut Empat uang rupiah ini dari peredaran sejak 1 Mei 1992.

Dalam situs resmi BI disebutkan batas penukaran empat uang rupiah ini paling akhir pada 30 April 2025.

Bagi yang mau menukar uang rupiah lama, BI membuka loket penukaran setiap Senin-Jumat pukul 08.00-11.30 waktu setempat, kecuali hari libur.

Tempat terpisah, Andre (40) warga Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri dirinya hobi mengoleksi uang logam dan kertas sejak remaja, Andre mengaku ada kepuasan tersendiri ketika telah memiliki uang kuno.

“Saya cukup banyak menyimpan koleksi uang pecahan kertas dari era Presiden Soekarno, sampai Soeharto namun yang paling saya senang uang kertas 500 rupiah, saya menilai gambar Orang Utan itulho terlihat lagi nongkrong dipucuk kayu cukup unik,” ujar Andre.

Ternyata, uang jaman dulu nilainya bisa lebih besar dari pada nominal mata uang tersebut.

Andre kemudian tak pernah berhenti mengoleksi uang kertas rupiah. Mulanya dia mengoleksi setiap uang baru yang diterbitkan Bank Indonesia (BI). Setelah punya penghasilan, dia mulai berani membeli dan berburu uang kuno rupiah di berbagai tempat. (Ron)

BAGIKAN