Presiden Joko Widodo Resmi Meluncurkan Bantuan Tunai se-Indonesia

308
Presiden Joko Widodo (Jokowi) Indonesia Maju

NATUNATERKINI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan bantuan tunai se-Indonesia tahun 2021. Ada tiga jenis bantuan sosial yang mulai dibagikan pada bulan Januari ini.

“Hari ini di awal 2021, saya meluncurkan langsung bantuan tunai se-Indonesia pada masyarakat penerima. Sekali lagi untuk program keluarga harapan (PKH), program sembako dan bantuan sosial tunai (BST),” katanya di Istana Negara, Senin (4/1/2021).

Dia mengatakan bahwa bantuan ini akan diberikan dalam beberapa tahapan. Dimana untuk PKH akan disalurkan tiga bulan sekali selama tahun 2021.

“Jadi yang PKH ini dalam empat tahap melalui Himbara, bank-bank milik negara,” ujarnya.

Kemudian untuk program bantuan sembako akan disalurkan diberikan setiap bulan. Mulai dari bulan Januari ini hingga Desember 2021.

“Kemudian yang program sembako akan disalurkan dari Januari nanti sampai bulan Desember 2021. Nilainya tadi sudah disampaikan oleh bu Menteri sosial Rp200 ribu per KK per bulan,” ujarnya.

Sementara BST hanya akan diberikan empat bulan pertama saja dengan nilai Rp300 ribu.

“Kemudian bantuan sosial tunai (BST) diberikan selama 4 bulan. Januari, Februari, Maret, April. Dan nilainya Rp. 300 ribu per bulan per KK,” katanya.

Jokowi berharap bantuan-bantuan ini dapat meringankan keluarga-keluarga yang terdampak pandemi covid.

“Kemudian Kita harapkan juga bisa menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional kita, mengungkit ekonomi nasional kita, memperkuat daya beli masyarakat. Sehingga kita harapkan pertumbuhan ekonomi nasional menjadi meningkat dan lebih baik,” pungkasnya. (Son)

BAGIKAN