Zhong Shanshan Taipan China Orang Terkaya DI Asia Memiliki 1 Kuadriliun Mengeser Mukesh Ambani Dari India

239
Taipan China Zhong Shanshan

NATUNATERKINI.COM– Taipan China Zhong Shanshan yang berjuluk Lone Wolf, dinobatkan sebagai orang terkaya baru di Asia dan orang terkaya ke-11 di dunia, menggeser nama Mukesh Ambani, pria asal India yang sebelumnya berada di posisi tersebut.

Menurut indeks miliarder Bloomberg. Kekayaannya tercatat melonjak hingga 7 miliar dollar AS (Rp 98 triliun) tahun ini, dan total mencapai 77,8 miliar dollar AS (Rp 1 kuadriliun), Dengan tambahan pundi-pundi sebanyak itu, Zhong Shanshan berhasil melompati kekayaan Mukesh Ambani dari India dan Jack Ma sesama warga China.

Zhong yang punya julukan ‘Serigala Sendiri’ itu tercatat memiliki beberapa bidang bisnis, seperti media, pertanian, hingga kesehatan. Selain itu, Zhong juga diketahui tidak terlibat politik praktis China.

Faktor-faktor yang dinilai menjadi kunci keberhasilannya tahun ini adalah Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise dan Nongfu Spring yang dipimpinnya.

Pada bulan April lalu, Zhong meluncurkan perusahaan farmasinya ke publik. Beberapa bulan kemudian, Nongfu Spring yang memproduksi air kemasan juga menyusul.

Karena keputusan tersebut, saham Nongfu telah melonjak 155% sejak debut mereka, dan Wantai naik lebih dari 2.000% setelah menjadi salah satu perusahaan pengembang vaksin COVID-19.

Di sisi lain, harta kekayaan Mukesh Ambani sebenarnya juga mengalami peningkatan. Harta kekayaan Mukesh tercatat melonjak US$ 18,3 miliar menjadi US$ 76,9 miliar.

Mendiang Ambani adalah taipan bisnis India yang membangun Reliance di Bombay bersama sepupunya pada tahun 1977. Ia juga termasuk satu dari 50 pebisnis terbaik di Asia versi The Sunday Times.

Sementara Jack Ma yang menjadi orang terkaya sebelum Mukesh Ambani, tahun ini cukup kesulitan karena bisnis digital China mengalami cukup banyak hambatan. Kekayaannya kini mencapai US$ 51,2 miliar, turun dari level tertinggi US$ 61,7 miliar di bulan Oktober.(RON)

Sumber: Detik.com

BAGIKAN