KRI Bima Suci Sandar di Pelabuhan Tanjung Uban Selanjutnya Menuju Pulau Natuna

Kehadiran KRI Bima Suci dan para taruna dan taruni salah satunya adalah untuk menggugah dan memperkenalkan TNI Angkatan Laut kepada para pemuda harapan bangsa untuk mengabdi kepada negara melalui masuk TNI Angkatan Laut khususnya Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut.

320
foto istimewa

NATUNATERKINI.COM – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjugpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, bersama Ketua Koordinator Cabang IV Daerah Jalasenastri Armada I (Ketua Korcab IV DJA I) Ny. Helena Indarto Budiarto

menyambut kedatangan Kapal kebangaan Indonesia merupakan KRI Bima Suci-945 yang tengah bersandar di dermaga Fasharkan Mentigi Tanjung Uban Bintan Kepulauan Riau, Sabtu siang (31/10/2020).

Tanjung Uban, merupakan tujuan ke 5 dari pelayaran Kartika Jala Krida 2020 setelah menempuh jarak 480 NM dari Belawan menuju Tanjung Uban tepatnya di dermaga Fasharkan Mentigi Tanjung Uban, tempat KRI Bima Suci sandar.

Unsur pimpinan menyambut kehadiran kapal KRI Bima Suci

Kedatangan Satlat KJK dan Satgas KRI Bima Suci ini, disambut Danlantamal IV Tanjung Pinang, Laksma TNI Indarto Budiarto, Danguskamla Koarmada I, Laksma TNI Yayan Sofyan, Wadan Lantamal IV, Kolonel Mar Gatot Mardiono, Kafasharkan Mentigi, Kolonel Laut (T) Suharto.

Hadir pula Danlanudal Tanjung Pinang, Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Sumantri K. Dandim Bintan, Kolonel I.Gusti Ketut Artasuyasa., Dansatrad 213 Bintan, Letkol Lek Hendrayana Wijaya, Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugiarto.,

Danyonmarhanlan Tanjung Pinang, Letkol Mar Hafied Indarwan, Kadishub Bintan, Moh Ihsan Amin, beserta Para Kadis dan Perwira jajaran Lantamal IV Tanjung Pinang lainnya.

Usai KRI BSC merapat, diawali laporan Dansatgas OBS Letkol Laut (P) Waluyo, Palaklat KJK Letkol Laut (P) Aris Dianto,  dan perwakilan Taruna Taruni kepada Komandan Lantamal IV dilanjutkan pengalungan bunga dan tarian khas persembahan sekapur sirih sebagai tanda ucapan selamat datang di daerah tersebut.

Tampak antusias para pelajar yang ikut menyambut kedatangan Satlat KJK 2020 di Tanjung Uban.

PENGALAMAN PERDANA MENGESANKAN para pelajar sudah melaksanakan Rapid Test dan diberi kesempatan untuk on board di KRI BIMA SUCI

Sebelumnya, para pelajar ini sudah melaksanakan Rapid Test dan diberi kesempatan untuk on board di KRI BSC dan secara langsung bertatap muka dengan para Taruna Taruni AAL guna mendapatkan informasi seputar rekrutmen taruna dan pendidikan di AAL.

Sementara itu, para Taruna AAL, terlihat dengan hangat menyambut dan bersemangat menjelaskan kepada siswa siswi tersebut tentang apa yang ditanyakan para pelajar, termasuk memberikan motivasi untuk mendaftar menjadi prajurit TNI AL.

Menurut Palaklat KJK 2020, keberadaan Satlat KJK dan sandarnya KRI Bima Suci di Tanjung Uban ini akan berlangsung beberapa hari kedepan, selama sandar Taruna akan melaksanakan agenda yang telah direncanakan.

Adapun total jarak tempuh seluruh pelayarannya adalah 9.910 NM, lama waktu 98 hari.

Sebelum ke Tanjung Uban kapal tersebut berlayar dari pelabuhan Belawan Medan dan akan melanjutkan ke Ranai Natuna setelah selama 3 hari berada di Tanjung Uban.

“Selama di Tanjung Uban para taruna dan taruni akan menjalankan beberapa kegiatan yaitu sore nanti mereka akan berolah raga untuk menambah kebugaran bersama Prajurit yang berada di Tanjung Uban dan Tanjungpinang, kemudian besoknya tanggal 01 November 2020 akan melaksanakan kegiatan tanam mangrove dan bersih-bersih pantai di Lagoi,” tambahnya.

Menurutnya, setelah serial latihan-latihan yang dilakukan dengan melibatkan beberapa unsur baik pesawat udara maupun KRI disepanjang pelayaran, dan saat ini melaksanakan agenda saat sandar, itu semua merupakan latihan yang melibatkan para Taruna Taruni yang diharapkan dapat memberikan gambaran dan pengetahuan kepada Taruna sebegai bekal kedinasan nantinya. (Ron)

Sumber: Peloporwiratama.co.id

BAGIKAN