Gelombang Tinggi Perairan Natuna Kapal Asing Beraksi Naas Keciduk KRI Usman Harun

494

NATUNATERKINI.COM – KRI Usman Harun-359 berhasil menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam yang diduga melakukan illegal fishing di Landas Kontinen Indonesia, Rabu (16/1/2019).

Penangkapan dilakukan saat KRI Usman Harun-359 melaksanakan patroli sektor di Wilayah Perairan Indonesia mendapatkan kontak kapal pada posisi 05 57,3 U – 106 45,3 T, tepatnya di Landas Kontinen Indonesia.


Sebelum menangkap kapal tersebut KRI Usman Harun-359 juga telah melaksanakan pengejaran, penangkapan, dan penyelidikan (Jarkaplid).

Setelah itu, kemudian dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap muatan, personel, dan dokumen kapal tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan diketahui nama Kapal KIA Fau Cau Tom BL 93908 TS) Kebangsaan Vietnam, jenis KIA, dan jumlah ABK 8 orang Warga Negara Vietnam,” kata Kepala Dinas Penerangan Koarmada I Letnan Kolonel Laut (P) Agung Nugroho dalam keterangan tertulisnya Jumat (18/1/2019).

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, Kapal KIA Fau Cau Tom (BL 93908 TS) diduga melakukan pelanggaran karena melaksanakan aktivitas perikanan di Landas Kontinen Indonesia.

Atas dasar dugaan pelanggaran tersebut, maka Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Alan Dahlan memerintahkan agar KIA Vietnam tersebut di adhoc ke Pangkalan terdekat yakni Lanal Ranai untuk proses pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.


“Hal itu juga merupakan tanggung jawab unsur KRI jajaran Koarmada I dalam memberantas kegiatan ilegal dan menegakkan hukum di laut terus membuahkan hasil,” kata Agung

Sebelumnya Rilis Dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas l Hang Nadim Batam mengingatkan bahwa potensi gelombang tinggi di Perairan Kepri cukup tinggi termasuk di perairan Natuna sepekan ini.

Berpotensi tinggi gelombang terlihat di perairan Natuna, mulai dari 0,3 sampai 4,0 meter, dengan kecepatan arus laut 40 cm perdetik.

Namun, Inilah kesempatan bagi menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) manfaatkan situasi musim Anggin Utara dimana Umumnya Nelayan Natuna tidak melaut, Untung dengan kesigapan serta didukung peralatan super cangih akhirnya kawanan kapal nelayan asing berhasil di ringkus KRI Usman Harun-359.(Hds/Nt)

Sumber: Tribunnews

BAGIKAN