Jangan Coba-coba Timbun Sembako, Polisi Turun Lapangan Sidak Pedagang di Natuna

436

NATUNA TERKINI.COM – Satgas Pangan telah melaksanakan operasi pasar diwilayah Kota Ranai dan sekitarnya, kemarin. Secara umum stok kebutuhan pangan masyarakat diperkirakan aman hingga akhir tahun ini.

Namun begitu ada beberapa komoditi yang mengalami kekurangan stok, seperti telor dan cabe rawit. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca yang kurang bersahabat sehingga berdampak keterlambatan waktu kedatangan.

“Sampai saat ini, rata-rata stok kebutuhan bapok masih lengkap. Hanya yang mengalami kekurangan stok adalah komoditi telur. Kondisi ini dikarenakan belum masuknya ketersediaan pengiriman dari tanjungpinang,” Kata Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto melalui Ketua Satgas Pangan Natuna AKP Hendrianto, Senin (17/12/2018).

Satgas Pangan, kata Hendrianto, berupaya agar harga komoditas bahan pangan tetap terjaga terutama menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Ia juga mengatakan, komoditi telur yang mengalami kekurangan stok itu, mengakibatkan harga jualnya mengalami kenaikan sekitar Rp. 6 ribu.

“Untuk harga telur naik dari harga sebelumnya Rp. 40 ribu per papan naik menjadi Rp. 46 ribu per papan. Dan untuk harga cabai rawit juga naik dari Rp. 55 ribu perkilo, naik menjadi Rp. 70 ribu,” jelasnya.

“Kita turun ke lapangan mengecek apakah stok di gudang dan pasar dalam keadaan normal,” ucapnya.

Ketika ditanya hasil inspeksi yang mereka lakukan, Kalfaris menyatakan belum menemukan adanya indikasi penumpukan atau penimbunan barang pokok di sejumlah lokasi yang mereka sasar.

“Belum ada kita temukan, untuk harga di pasaran sejauh ini masih ambang normal,” tuturnya.

Ia berharap, komoditi ini bisa kembali stabil dalam waktu beberapa hari kedepan.

Karena kapal yang mengangkut komoditi tersebut akan segera datang dalam dua hari ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Kadisperindag Kabupaten Natuna, Helmi Wahyuda yang turut hadir dalam Sidak di sejumlah agen dan toko.

Ia mengatakan bahwa menjelang Natal dan tahun baru tidak ada kelangkaan bapok.

“Alhamdulillah jelang Natal dan tahun baru tidak ada terjadi kelangkaan bapok,” ungkapnya.

Selain itu, bapok seperti sayur mayur, cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah diperkirakan cukup dan tersedia sampai akhir tahun.

“Ketersediaan untuk beras, gula dan lainnya kita sangat cukup dan aman, sedangkan komoditas telur sedikit mengalami keterlambatan pengiriman dari luar Natuna. Diperkirakan aman dalam waktu beberapa hari ini,” tandasnya.

Dalam sidak itu hadir juga Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna, Sri Harningsih, Kepala Bulog Natuna, Yunan MT. Dongoran dan sejumlah staf dari sejumlah lembaga.(rky)

BAGIKAN