Update Yuk Keamanan Terbaru Google Lindungi Android dari Spectre

333

Natuna Terkini – Yuk kita mesti coba produk terbaru Google, Ternyata Bukan hanya PC, perangkat mobile juga rentan terkena serangan malware akibat celah yang baru-baru ini ditemukan.

Google bersiap untuk melindungi pengguna Android dari bug bernama Meltdown dan Spectre.

Terutama Spectre, infeksi bisa mempengaruhi perangkat mobile yang ditenagai prosesor dari Intel, AMD dan ARM. Handset yang terpengaruh bisa membocorkan informasi sensitif termasuk kata sandi.

Kabar baiknya adalah celah itu tidak mudah dieksploitasi dibandingkan dengan kerentanan lainnya. Tapi, karena Spectre bisa menyusup ke server cloud, data pelanggan milik perusahaan bisa beresiko.

Google mengeluarkan siaran online yang menjelaskan bagaimana kerentanan ini dapat mempengaruhi produknya.

Perusahaan mengatakan bahwa eksploitasi terhadap Android itu sulit dan terbatas.

Patch keamanan Android edisi Januari akan melindungi perangkat yang menjalankan OS open source.

Google juga menyatakan bahwa produk Google Search, YouTube, Google Ads, Maps, Blogger, dan data pelanggan yang dimiliki oleh Google, dilindungi. Begitu juga Gmail, Calender, Drive, Documents, dan layanan G Suite lainnya.

Bug lainnya yang disebut Meltdown dirancang hanya untuk mempengaruhi perangkat yang didukung oleh prosesor Intel.

Lebih mudah mengeksploitasi daripada Spectre, dan bisa mencuri rahasia yang terkubur di dalam PC.

Jika Anda memiliki perangkat Android, pastikan Anda segera memasang patch keamanan Android Januari setelah Anda menerimanya.

“Meltdown and Spectre memanfaatkan kerentanan kritis pada prosesor modern. Bug hardware ini memungkinkan program untuk mencuri data yang saat ini diproses di komputer.

Sebuah program biasanya tidak diizinkan untuk membaca data dari program lain, sementara program berbahaya dapat memanfaatkan Meltdown and Spectre untuk mendapatkan data rahasia yang tersimpan dalam memori program lain yang berjalan.

Ini mungkin termasuk kata sandi Anda yang tersimpan di pengelola kata sandi atau browser, foto pribadi, email, pesan instan dan bahkan dokumen penting bisnis Anda.”(seluler.id)

BAGIKAN