Upss Sebentar bentar Lihat HP, Waspada Ganguan Jiwa

990

NatunaTerkini.com – Apakah Anda adalah seseorang yang selalu tidak tenang ketika tidak memegang ponsel sebentar saja? Apakah itu karena tertinggal atau karena hal yang lain dengan berbagai macam alasan. Jika ya, mungkin saja Anda sedang mengalami nomophobia. Apakah itu?

Nomophobia adalah singkatan dari no mobile phone phobia. Bagi yang mengalami nomophobia, rasanya tiada hari yang dilewatkan tanpa menggenggam ponsel.

Salah satu ciri yang bisa lihat dari seorang nomophobia adalah sangat cemas atau panik saat mengetahui baterai ponselnya akan segera habis.

Ciri lainnya adalah akan terus menyalakan ponselnya sepanjang hari dan selalu memeriksa ponselnya setiap saat. Tidak hanya itu, nomophobia akan selalu mengisi daya baterai ponsel agar ponsel dapat terus menyala serta membawa ponsel itu ke mana pun pergi. Bahkan saat ke kamar mandi pun ia membawa ponsel.

Istilah ini pertama kali muncul dalam suatu penelitian tahun 2010 di Britania Raya oleh YouGov yang meneliti tentang kegelisahan yang dialami di antara 2.163 pengguna telepon genggam.

Semuanya akan dikupas tuntas bersama dr Iman Firmansyah, SpKJ dalam program Ayo Hidup Sehatyang tayang di tvOne, Senin, 3 Desember 2018 pukul 13.00 WIB.

Selain itu, ada pula tema lain yang akan dibahas bersama dr Diana Suganda, M.Kes, SpGK, yakni tentang labu siam, salah satu jenis sayur yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sayuran ini dapat langsung dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya.

Rasanya yang enak dan manis membuat sayuran ini mudah untuk diolah menjadi berbagai varian masakan.

Tidak hanya buahnya, pucuk dari pohon buah inipun dapat diolah menjadi masakan yang tidak kalah nikmatnya.

Banyak masyarakat meyakini konsumsi labu siam dapat menurunkan kadar kolesterol, baik untuk penderita Anemia, mencegah penyakit kanker, dan aman dikonsumsi bagi penderita asam urat. Benarkah?

Bersama dr Sheila Salsabila, BMedSc dan Indra Bekti sebagai host, saksikan Ayo Hidup Sehat di sini. (ase)

sumber : vivaNews.

BAGIKAN